Selamat Datang di Rumah Sederhana Ini | Semoga Anda Menemukan Apa Yang Dicari ^_^
Mirror - Ciwiel Codet™ | Belajar Komputer

Pengenalan Dasar Jaringan Komputer

Posted by Unknown Rabu, 04 Januari 2012

Apa Itu Jaringan Komputer ?
Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang jaringan komputer, akan lebih baik kita mengenal terlebih dulu apa yang dimaksud dengan jaringan komputer. Jaringan komputer ialah sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komputer. Dan bertujuan untuk berbagi sumber daya, saling berkomunikasi, dan saling bertukar Informasi antara komputer yang satu dengan yang lainnya. Agar semua tujuan dapat tercapai, maka dari itu dibutuhkan interaksi pada setiap jaringan komputer.


Interaksi disini maksudnya adalah dimana salah satu komputer mengajukan permintaan kepada komputer lain yang menyediakan layanan (Service). Pihak yang meminta disebut (Client) sedangkan yang memberikan layanan disebut (Server). Konsep ini sering juga disebut Client-Server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi Jaringan Komputer.


Salah satu contoh Skema Jaringan Komputer
Skema Jaringan Komputer

Untuk itu, maka masing - masing komputer harus memiliki sebuah Network Interface Card (NIC) atau juga Network Card yang berfungsi sebagai penghubung setiap komputer di dalam suatu jaringan. Baik itu melalui Kabel ataupun Nirkabel.


Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya. Sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.


Apa itu NIC Fisik ?
NIC fisik biasanya berbentuk seperti sebuah card yang ditancapkan kedalam slot. Dimana slot tersebut telah terhubung pada Motherboard dalam Komputer. Contohnya berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain itu ada juga kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile).


Contoh NIC Yang Bersifat Fisik
Wireless Network CardNetwork Card

Apa Itu NIC Logis ?
Berbeda dengan NIC Fisik. NIC logis tidak berupa FISIK, melainkan adalah sebuah perangkat lunak (Software) yang bekerja seolah - olah dia adalah sebuah NIC. Contohnya seperti Loopback Adapter dan Dial-up Adapter.


Oke, kembali lagi pada masalah Jaringan Komputer. Sebenarnya masih banyak lagi jenis kriteria Jaringan Komputer lainnya. Seperti Jaringan LAN, WAN, Client-Server, Peer-to-peer dan lain sebagainya. Yang akan saya beritahukan pada postingan berikutnya. Sampai disini dulu pembahasan tentang Pengenalan Dasar Jaringan Komputer.

Posting Komentar

Silahkan tulis komentarnya di bawah ini.
Mohon tinggalkan komentar yang sopan.